SEMANGAT SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1445 H

HARIANTERKINI.COM:   Tanpa terasa, waktu bergerak dengan sangat cepat.   Tahun Baru Islam atau 1 Muharram ditetapkan pada Rabu 19 Juli 2023 sebagai Tahun Baru Islam 1445 H khususnya untuk di Indonesia.  Jadi bila dihitung mundur, Tahun Baru Islam tersebut akan jatuh kurang lebih 5 hari lagi.  Alhamdulillah.

Tahun Baru Islam ini mirip dengan Tahun Baru biasa/Masehi, yang diperingati setiap awal bulan Januari.  Muharram yang diperingati sebagai Tahun Baru Islam ternyata juga merupakan salah satu dari beberapa bulan mulia (asyhuru hurum) yang dipilih sebagai awal permulaan kalender Islam.   Awal penanggalan itu secara resmi diputuskan pada era khalifah kedua, Sayyidina Umar bin Khathab, salah satu sahabat Nabi yang sangat terkenal.   Tahun Baru Islam, Tahun Baru Hijriah kita peringati setiap tahun karena di dalamnya terkandung sejarah dan nilai-nilai yang relevan hingga saat ini.

Bagaimana memaknainya di era saat ini.   Sebagai insan Indonesia, generasi penerus perjuangan bangsa adalah dengan terus bersama meneladani semangat Nabi Muhammad Saw.   Tahun Baru ini sebagai momentum untuk introspeksi dan berbenah diri serta membuat resolusi pada awal Tahun Baru untuk meningkatkan diri sebagai muslim yang lebih baik.

Hal ini dapat dimulai dari kita sebagai sosok  warga negara Indonesia, dengan dapat menetapkan tujuan bagi diri sendiri untuk menjadi orang yang lebih baik dan terlebih lagi seorang muslim yang lebih baik. Bersama untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia emas 2045 yaitu bersama membangun Indonesia yang maju kuat, jaya dan bermartabat.

Semoga semangat dalam memasuki Tahun Baru 1445 H tetap mengilhami menuju kepada keadaan yang lebih baik dalam dalam berkarya dan berprestasi di segala bidang sehingga dapat berperan aktif bagi kemajuan bangsa.

“Selamat Tahun Baru Islam untuk semua, saatnya menetapkan tujuan baru. Semoga Tahun Baru ini membawa banyak kedamaian, kemakmuran, dan kebahagiaan bagi Indonesia dan dunia.”

BACA JUGA :

  1.  Indonesia Kembali Masuk Negara Penghasilan Menengah Atas

2.  Belajar Kembali (1) Tentang Surah Al-Fatihah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *