Luhut: Sejak Kepemimpinan Jokowi, Rata-rata Inflasi Selalu di Bawah 4 Persen

Luhut: Sejak Kepemimpinan Jokowi, Rata-rata Inflasi Selalu di Bawah 4 Persen
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, rata-rata tingkat inflasi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selalu di bawah 4 persen.

Hal tersebut diungkapkap Luhut melalui Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Kamis, 20 Juli 2023.  “Inilah salah satu manfaat program hilirisasi industri di Indonesia, yaitu berkontribusi menjaga pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan,” tulis dia.

Dia juga menukil laporan Edelman Trust Barometer pada 2023 yang menyebut, Indonesia merupakan negara peringkat ke-2 dalam daftar negara dengan tingkat optimisme ekonomi yang tinggi. Pencapaian ini, kata dia, mengalahkan Amerika Serikat (AS) yang berada di peringkat 14.

“Kami ingin negara maju memahami satu hal yang penting, larangan ekspor nikel yang kami putuskan saat ini secara tidak langsung mempermudah Amerika dan negara lainnya untuk mendapatkan akses terhadap suplai material lithium baterai dari nikel,” jelas Luhut.

Dia menjelaskan, Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil menerapkan teknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL) untuk pengolahan nikel kadar rendah menjadi bahan lithium baterai.

Luhut mengklaim belum banyak pihak yang mengetahui apa yang dikerjakan Indonesia. Oleh sebab itu, dia menilai banyak tantangan terhadap kebijakan hilirisasi.

“Bahwa efek berlipat ganda yang hadir karena kebijakan hilirisasi bukan saja menjadi penyemangat kami untuk melindungi hak atas pengelolaan sumber daya alam negeri kami secara berdikari, tetapi juga pertanda baik bagi terwujudnya cita-cita bangsa menjadi negara maju di tahun 2045,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *