Jalan Tol di IKN Siap Dioperasikan Jasa Marga

Jalan Tol di IKN Siap Dioperasikan Jasa Marga
Emiten BUMN di bidang jalan tol, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) siap mengoperasikan jalan tol ke Ibu Kota Negara (IKN) baru alias IKN Nusantara.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengungkapkan, jika nanti dibuka kesempatan untuk pengadaan pekerjaan pengoperasian jalan tol IKN oleh Pemerintah, Jasa Marga melalui anak perusahaannya di bidang service provider pengoperasian jalan tol PT Jasamarga Tollroad Operator, akan siap mendukung pengoperasian jalan tol tersebut.

“Selain mendukung pemerintah, salah satunya karena nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang dikelola oleh Jasa Marga,” ungkap Lisye kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (20/9/2022).

Adapun jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan serta sekaligus mendukung pembangunan infrastruktur di Pulau Kalimantan. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,27 Km telah beroperasi penuh pada Agustus 2021 lalu setelah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) dioperasikan melengkapi tiga seksi yang telah beroperasi terlebih dahulu pada Desember 2019.

Sebelumnya, Reza Febriano Direktur Bisnis JSMR mengatakan sudah mendengar proses pengadaan infrastruktur di IKN pada tahun ini oleh pemerintah. Sementara itu, Jasa Marga akan mendukung akses jalan tol tersebut.

“Anak usaha kami kalau dikasih kesempatan akan dukung untuk akses jalan tol (di IKN),” pungkas Reza.

Adapun untuk tahun ini, JSMR menargetkan divestasi sebagian saham konsesi Jakarta-Cikampek Elevated akan rampung. Reza mengatakan, prosesnya saat ini memasuki tahap penandatanganan akta jual beli.

“Kami masih dalam proses untuk melakukan divestasi saham ruas jalan tol Jakarta-Cikampek elevated. Sudah tahap penandatanganan jual beli dengan strategic investor,” ujarnya dalam Public Expose Live 2022 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (14/9/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *