Survei: Tren Kepuasan Kinerja Presiden Jokowi Kembali Naik

Survei: Tren Kepuasan Kinerja Presiden Jokowi Kembali Naik
Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebutkan hasil survei tren kepuasan kinerja Presiden Jokowi kembali meningkat. Hal ini diperkirakan karena adanya penegakkan hukum terhadap mafia minyak goreng serta pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi mengatakan dalam survei terbaru mereka, yang menanyakan kepada publik apakah puas atau tidak terhadap kinerja Presiden Jokowi, hasilnya ada sebanyak 64,1% masyarakat yang menyatakan sangat puas dan cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi.

“Approval presiden berdasarkan survei terakhir, di tanggal 20-25 April, hasilnya yang menyatakan sangat puas atau cukup puas itu 64,1%. Kemudian yang mengatakan kurang puas 26,7%, yang mengatakan tidak sama sekali 6,7%,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam penyampaian hasil Survei tentang “Persepsi Publik terhadap Kinerja Lembaga Penegak Hukum dalam Pemberantasan Korupsi” yang digelar secara daring, Kamis (28/4/2022).

Burhanuddin mengungkapkan ada hal yang menarik dari hasil survei terbaru. Bila sebelum survei tanggal 20-25 April ini, terlihat tren penurunan persepsi positif terhadap kinerja Presiden. Tren penurunan tersebut terjadi selama dua hingga tiga bulan terakhir.

“Jadi waktu kita survei awal Januari 2022 itu, persepsi publik sedang sangat bagus, 75,3% di bulan Januari. Dan saat itu, kalau kita lihat selama 8 tahun pemerintahan Jokowi, itulah rekor tertinggi, di awal Januari 2022,” ujar Burhanuddin Muhtadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *