Mandiri Sekuritas Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,4 Persen

Mandiri Sekuritas Proyeksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,4 Persen
Mandiri Sekuritas memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4,1 hingga 4,4 persen tahun ini. Penetapan proyeksi pertumbuhan ekonomi ini didasari oleh pemulihan ekonomi domestik dan global yang terus berlanjut meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

“Overall, full year forecast kita proyeksi 4,1-4,4 persen. Di tahun 2022, kita expect akan mencapai pre-Covid-19 level, slightly about 5 persen,” kata Chief Economist Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy dalam jumpa pers, Selasa (29/6).

Pemulihan ekonomi yang dimaksud tercermin dari sisi konsumsi dan investasi. Menurut Leo, konsumsi masyarakat hingga Mei 2021 mengalami peningkatan meski masih didominasi konsumsi masyarakat kelas menengah atas.

“Namun mulai second quarter ini, konsumsi level mid to low juga akan membaik karena adanya fiscal spending pemerintah,” lanjutnya.

Sementara dari sisi investasi, sifatnya lebih broad-based atau beragam. “Investasi swasta non konstruksi didominasi oleh sektor-sektor yang berbasis ekspor sehingga pertumbuhan investasi mengalami keberlanjutan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *