Pengamat: Rizieq Siapkan Manuver Politik Baru

Pengamat: Rizieq Siapkan Manuver Politik Baru
Kepulangan Habib Rizieq Syihab dari Arab Saudi menandakan adanya Gerakan politik yang akan Kembali aktif dari kelompok islam. Direktur Sudut Demokrasi Research and Analysist (Sudra) sekaligus pengamat politik, Fadhli Harahab menilai kepulangan HRS bermuatan agenda politik jangka panjang.

Disamping temu kangen bersama kolega atau pendukungnya, Rizieq ditengarahi menyiapkan manuver-manuver politik.

“Saya melihat kepulangan HRS sebagai sinyal bahwa mesin politik akan segera dihidupkan kembali,” kata Fadhli.

Setidaknya ada dua momen penting yang akan dimanfaatkan Rizieq dan kelompoknya untuk mengukuhkan pengaruh di pentas politik dalam negeri.

“Momen terdekat ya pilkada, HRS tentu akan menggerakkan barisannya untuk mendukung pasangan calon tertentu,” ujarnya.

Agenda selanjutnya adalah Pilpres 2024. Meski belum menyatakan dukungan terhadap partai atau calon mana pun, sudah dapat ditebak bahwa HRS dan gerbongnya tentu akan mendukung calon yang seideologi dan sepaham dengan mereka.

“Pilpres ini saya kira agenda penting mereka, bagaimana meloloskan dan memenangkan kandidat capres/cawapres yang didukung,” tambahnya pengamat terkemuka ini.

Fadhi menuturkan potensi bergabungnya Rizieq ke partai Masyumi Reborn atau Partai Ummat masih menjadi tanda tanya.

“Tetapi sebagai barisan penekan dan kritis saya melihat bahwa HRS tidak akan ikut bergabung dengan salah satu partai-partai itu. Mendukung iya, ikut bergabung barangkali masih diragukan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *