Menkopolhukam: Pusat dan Daerah Kompak Atasi Covid-19

Menkopolhukam: Pusat dan Daerah Kompak Atasi Covid-19

HARIANTERKINI.COM – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengemukakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah kompak dalam mengatasi penyebaran wabah virus corona atau Covid 19.

“Sebenarnya kami, pemerintah pusat dan daerah sudah sering mengadakan rapat koordinasi (Rakor). Melalui rakor tersebut, masalah diselesaikan. Bahwa ketika terjadi peristiwa-peristiwa tertentu, mungkin ada opini yang dikembangkan secara bertentangan, itu sebenarnya tidak juga. Kita tetap berjalan seperti biasa,” kata Mahfud di Jakarta, Minggu, 10 Mei 2020.

Mahfud mengakui pada awal hadirnya Covid-19 di Indonesia pada awal Maret lalu, memang tampak di publik seakan-akan pemerintah pusat dan daerah tidak kompak. Hal itu disebabkan serangan Covid-19 cukup ganas, cepat dan masif.

“Dalam situasi seperti itu, ada beberapa perbedaan ketika terjadi ekspresi kepada publik. Hal itu sebagai sesuatu yang wajar karena semua ingin bergerak cepat. Namun, kebijakan yang diambil harus berdasarkan pertimbangan yang kuat dan memiliki landasan hukum,” jelasnya.

Mahfud juga mengakui memang ada kegamangan di awal dalam menghadapi virus ini.

Kegamangan itu tidak hanya dihadapi Indonesia tetapi hampir seluruh negara yang terkena Covid-19.

Bahkan, sejumlah negara seperti Amerika Serikat (AS), Italia, Spanyol dan Inggris juga kewalahan.

Pasalnya, corona atau Covid-19 merupakan penyakit baru dan semua negara tidak siap menghadapinya.

“Ada penilaian pemerintah gamang. Maka sekarang pertanyaannya, apakah ada satu megara di dunia ini yang tidak gamang? Semuanya serba buru-buru. Kita juga menghadapi kegamangan yang sama pada saat awal. Sekarang semua sudah berjalan terkendali,” ujarnya.

Menurut Mahfud, bisa saja ada opini bahwa antara pemerintah pusat dan daerah tidak kompak dalam menangani pandemi Covid-19.

Namun, ditegaskannya bahwa pemerintah pusat dan daerah selalu berkoordinasi dalam menyikapi perkembangan yang ada terkait Covid-19.

“Ketika dibahas dan diputuskan, maka semua satu suara atas apa yang diputuskan. Kita terus meningkatkan kerja sama. Mana-mana yang masih kurang terus diperbaiki,” tegas Mahfud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *