Proyek Strategis Nasional PIK-BSD Berpotensi Dongkrak Ekonomi Indonesia

Ilustrasi - Foto: Autorin.com

HARIANTERKINI.COM – Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) dan Bumi Serpong Damai (BSD) termasuk dalam 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru menurut Permenko Perekonomian Nomor 6 tahun 2024. Berdasarkan data dari Kemenko Perekonomian, di PIK akan dibangun kawasan pariwisata ramah lingkungan.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto menjelaskan bahwa penetapan 14 PSN baru ini telah melewati serangkaian kajian dan mencakup pengembangan di berbagai sektor: 8 Kawasan Industri, 2 Kawasan Pariwisata, 2 Jalan Tol, 1 Kawasan Pendidikan, Riset, dan Teknologi, 1 proyek Kesehatan, serta 1 proyek Migas Lepas Pantai. Tujuan proyek-proyek ini adalah pemerataan ekonomi berbasis wilayah, memperluas lapangan kerja, pemerataan pembangunan sektor-sektor, dan pelibatan pihak swasta dalam pembiayaan secara mandiri (Non-APBN).

Kawasan pariwisata di PIK akan dibangun di lahan seluas lebih dari 1.700 hektare dengan nilai investasi Rp 65 triliun. Proyek ini diharapkan menyerap 6.235 tenaga kerja langsung dan bisa meningkat hingga 13.500 orang. Proyek ini direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di BSD, akan dikembangkan kawasan kesehatan terpadu bernama Bio Medical di atas lahan seluas 59,68 hektare yang akan mencakup pendidikan, riset, dan industri kesehatan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan proyek ini sebagai PSN dengan investasi Rp 18,54 triliun.

(yw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *