Jaringan Air di IKN Nusantara Digenjot Agar Segera Selesai, 12 Tower Rumah Susun Siap Digunakan ASN

HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Menjelang 17 Agustus 2024 pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus digenjot.

Pembangunan IKN Nusantara ditargetkan oleh Presiden Jokowi agar segera rampung sebelum HUT RI ke 79.

Berbagai infrastruktur pembangunan pun dikerjakan agar segera rampung, salah satunya seperti Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KPP IKN).

Kawasan IKN ini ditargetkan sudah tersambung air pada akhir Juni 2024 sebagaimana disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Basuki berharap agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya pada tanggal 30 Juni jaringan air sudah mengalir di KPP IKN tanpa ada kendala yang berarti.

“Ketersediaan air ini merupakan salah satu bagian dari persiapan infrastruktur untuk perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang,” ucapnya dikutip AyoBandung pada Minggu, 30 Juni 2024.

Menurut Basuki, Kementerian PUPR memiliki tanggung jawab utama dalam menyiapkan infrastruktur tersebut.

Infrastruktur yang dimaksud meliputi berbagai fasilitas seperti lapangan upacara yang terletak di dalam kawasan kepresidenan, tempat tinggal bagi peserta upacara, akses jalan, hingga landasan pacu bandara VVIP IKN.

Adapun untuk hunian, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 12 tower rumah susun ASN dapat dimanfaatkan sebagai tempat menginap para peserta upacara.

Lebih lanjut, sebanyak 36 rumah tapak untuk jabatan menteri di IKN juga bisa dimanfaatkan oleh para peserta.

Untuk Bandara, Menteri PUPR menyatakan bahwa dari total 3.000 meter landasan pacu, sepanjang 2.200 meter telah siap digunakan oleh Pesawat Kepresidenan untuk mendarat.

Pada 14 Juni lalu, Kementerian PUPR memastikan bahwa fasilitas air, gas, listrik, dan internet akan tersedia di IKN sebelum 17 Agustus 2024.

Kementerian tersebut juga menginformasikan bahwa sumber air baku telah siap, baik dari intake Sungai Sepaku maupun Bendungan Sepaku Semoi.

Air dari sumber-sumber tersebut akan diproses melalui instalasi pengolahan air bersih, kemudian dipompa sejauh 16 km ke reservoir atau tempat penyimpanan air.

Pompa untuk distribusi air ini telah tiba dan sedang dalam proses pemasangan. Dari reservoir, air bersih akan disalurkan ke seluruh wilayah IKN.

Baca juga: KPU: Pemungutan Suara Ulang Tidak Pengaruhi Tahapan Pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *