Bawaslu Ajak Media Massa Aktif Beri Masukan dan Kritik untuk Pengawasan Pilkada 2024

Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, mengajak media massa untuk menyampaikan ide, gagasan, dan kritik kepada Bawaslu dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Hal ini penting agar kerja pengawasan yang kurang maksimal tidak terulang pada Pemilihan 2024.

“Jangan ragu untuk menyampaikan ide, gagasan, dan kritik kepada Bawaslu. Media massa dan Bawaslu berada dalam posisi yang setara,” kata Lolly dalam acara Konsolidasi Media untuk Penguatan Pemberitaan Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak 2024 di Gorontalo, Rabu (26/6/2024).

Sebagai mantan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat periode 2018-2022, Lolly menekankan bahwa salah satu kewajiban Bawaslu sebagai lembaga publik adalah memberikan informasi kepada publik. Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan kerjasama dengan media massa lokal maupun nasional untuk menyebarkan informasi secara luas dan sampai kepada publik.

“Bawaslu dan media memiliki peran masing-masing dalam tahapan pemilihan. Media tidak boleh memberitakan informasi yang tidak akurat atau meragukan. Informasi yang diberikan harus akurat, tepat, dan cepat,” ungkapnya.

Lolly menjelaskan bahwa konsolidasi media bukan sekadar kegiatan kumpul-kumpul dengan wartawan, tetapi merupakan upaya Bawaslu untuk memperkuat pemberitaan di seluruh jajaran daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *