Progres IKN Tahap 1 Sudah 70%, Beroperasi Agustus 2024

HARIANTERKINI.COM-Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur, terus berproses. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim mengatakan, pembangunan KIPP sudah menyentuh 70%.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo berencana melakukan upacara di IKN pada Agustus 2024. Sementara itu ditargetkan mulai bulan Juli 2024 ini, Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk PNS dan PPPK, bisa mulai menempati kawasan ibu kota baru itu.

“Pada dasarnya seluruh progres pembangunan IKN, KIPP 1A yang memang ditargetkan untuk operasional Agustus 2024 sudah mencapai 70%,”.

Selain yang disediakan APBN pembangunan swasta di IKN juga terus berjalan. Beberapa bagunan ditargetkan sudah bisa beroperasi pada bulan Agustus tahun ini.

Silvia menyebut kecepatan pembangunan proyek swasta di IKN berbeda-beda. Yang paling cepat adalah proyek hotel, sementara rumah sakit masih di kisaran 4-6%.

“Progresnya bisa beroperasional Agustus ini, antara lain seperti hotel, rumah sakit. Progresnya beda-beda, yang paling pesat itu 40%, itu hotel. Yang paling minimal itu adalah salah satunya rumah sakit, itu di sekitar 4-6%,” imbuhnya.

“Tapi pada dasarnya semua nanti menargetkan mulai operasional Agustus 2024 nanti,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *