SEMANGAT 17 AGUSTUS 2023, SEMANGAT TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU

HARIANTERKINI.COM:   17 Agustus 1945 hingga kini 17 Agustus 2023.  Sejarah panjang yang telah diketahui oleh generasi muda Indonesia sekaligus penting untuk terus memahami dan menghargai makna proklamasi sebagai landasan membangun bangsa.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta merupakan puncak dari serangkaian perjuangan melawan pejajah dan hasil perjuangan panjang tersebut sampai saat ini memiliki makna mendalam. Bangsa Indonesia bebas dari penguasaan bangsa asing dan segala bentuk penindasan,  berhak menentukan nasibnya sendiri dan memiliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Para pendiri bangsa menyatakan sebagaimana tertuang  dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea ketiga, yaitu “Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.” Dan cita-cita yang juga diungkapkan dalam kalimat “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”

Bahkan cita-cita juga diungkapkan dalam kalimat “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”

Bekerja dalam kebersamaan dengan semangat tinggi harus selalu ditanamkan dalam hati sanubari dan dijadikan semboyan dalam memotivasi masyarakat untuk bekerja sehingga apa yang dicita-citakan bersama dapat segera terwujud. Keberhasilan dalam membangun suatu bangsa tidak boleh dilihat hanya dari aspek fisiknya saja tetapi juga harus dilihat dari aspek moralitas, agar kerja dan hasil yang dicapai senantiasa mendapat ridho Allah SWT.

Semangat menghindari rasa curiga yang berlebihan maupun hatespeech yang dapat menimbulkan fitnah, menghindari provokasi dan tidak menyebarkan berita bohong (hoax) melalui media sosial, karena semuanya tersebut berpotensi dapat merusak persatuan dan kebersamaan serta akan menghambat semangat membangun bangsa.

Tugas mengisi kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan kerja yang positif demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.  Hal yang tidak mudah, namun dengan tekad yang kuat dan gotong royong, pembangunan manusia Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera akan tercapai.  Banyak kegiatan diantaranya dengan mensyukuri nikmat kemerdekaan ini melalui kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing. Beragam tantangan dan kendala  namun apabila dikelola dengan baik maka pasti mampu menjadi potensi dan solusi dalam pembangunan infrastuktur, pendidikan, transportasi, sosial, ekonomi, budaya, komunikasi, kesehatan, pariwisata, keagamaan dan lainnya.

Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-78 ini, sejenak bersama untuk merenung…sebenarnya apa yang telah kita berikan bagi bangsa dan negara.  Diharapkan dengan kerja dan prestasi untuk membangun negara Republik Indonesia, semangat nasionalisme sebagai landasan dalam menjaga keutuhan NKRI, dan bersama seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. Tahun 2045 atau seperempat abad lagi, Indonesia akan mengalami usia emas dimana Indonesia genap berusia 100 tahun dan ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju serta telah sejajar dengan negara adidaya.  Oleh karena itu, semangat kemerdekaan Indonesia tidak boleh disia-siakan dan harus terus dipertahankan dengan jujur, tanggung jawab, dan cerdas.

DIRGAHAYU KEMERDEKAAN INDONESIA.  SEMANGAT TERUS MELAJU, UNTUK INDONESIA MAJU.

 

BACA JUGA :

Semangat Persatuan dan Kesatuan: Membangun Indonesia yang Utuh, Aman, dan Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *