Menteri PPN: Pembangunan di IKN Sudah 26%

Menteri PPN: Progres Pembangunan di IKN Sudah 26%
HARIANTERKINI.COM – Pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga TNI-Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini tengah dilakukan. Hal tersebut dibahas oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe beserta Menteri PUPR Basuki Hadimujono di Istana Kepresidenan.

 

Menteri PPN Suharso memaparkan sejumlah progres pembangunan sebesar 26%, angka tersebut meningkat signifikan dari progres saat dikunjungi Presiden pada Februari 2023. Presiden Jokowi memerintahkan untuk melakukan percepatan.

“Laporkan mengenai perkembangan terkini atas semua hal targeting di dalam pembangunan fisik di IKN yang hari ini sudah cukup maju dibandingkan ketika terakhir bapak presiden mengunjungi IKN 2 bulan lalu pada feb. jadi kemajuannya sudah di angka 26% ketika bapak presiden hadir disana masih 15%. Semoga ini ada percepatan,” jelas Menteri PPN Suharso Monoarfa.

Pembangunan tersebut, meliputi pembangunan infrastruktur dasar seperti infrastruktur air minum, sanitasi, jalan, gedung pemerintahan dan perumahan.

Menteri PPN mengatakan, pemerintah membuka peluang pihak swasta untuk terlibat dalam pembangunan IKN melalui skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha atau KPBU.

“Bukan hanya dibangun oleh pemerintah, tetapi kita juga membuka keterlibatan swasta termasuk swasta asing dalam skema KPBU,” kata Menteri PPN Suharso.

Dalam kesempatan yang sama, Dhony Rahajoe mengungkapkan adanya ketertarikan sejumlah investor baik dari dalam dan luar negeri untuk terlibat dalam pembangunan IKN.

“KPBU ini diminati bukan hanya dari investor lokal, tetapi juga investor dari luar negeri yang sudah sedang berproses ini dari konsorsium Nusantara antara investor lokal dengan investor dari China, kemudian ada dari Korea,” ucap Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Dhony menyampaikan, selain gedung pemerintahan dan hunian, di IKN juga akan dibangun sejumlah sarana dan prasarana lainnya, seperti sarana pendidikan dan fasilitas kesehatan. Dalam bidang kesehatan, Presiden Jokowi menekankan agar di IKN dibangun fasilitas kesehatan berskala internasional.

 

BACA JUGA: PEMERINTAH AJAK PILIH LOGO IKN, BERIKUT 5 LOGONYA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *