Kapolri Ungkap Arahan Tunda Balik Mudik Sukses Kurangi Kepadatan 13%

Kapolri Ungkap Arahan Tunda Balik Mudik Sukses Kurangi Kepadatan 13%
HARIANTERKINI.COM – Pengumuman pemerintah agar pemudik tunda kembali ke Jabodetabek sukses mengurai kepadatan arus balik hingga 13 persen. Kabar ini disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Km 66 Tol Cikampek-Jakarta.

 

 

Seperti diketahui, pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 24 hingga 25 April 2023. “Kita lihat dari hasil rapat tadi, imbauan tersebut saya lihat cukup berdampak. Penghitungan tadi, terjadi penurunan 13 persen dari angka semula,” kata Listyo di Rest Area Km 62 ruas jalan tol Jakarta-Cikampek

Listyo berharap,  pada Rabu (26/4/2023) angka 13 tersebut dapat bertahan. Ia juga berbarap masyarakat yang akan kembali bisa terdistribusi pada hari-hari lainnya. “Mudah-mudahan ini bisa mengurai puncak arus balik. Sehingga menghindarkan masyarakat dari crowded, kemacetan luar biasa yang bisa mengganggu perjalanan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta,” ujarnya.

Kapolri bersama jajarannya telah melihat kesiapan sejumlah rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan di Km 66 tol Jakarta-Cikampek (Japek). Mulai dari one way, contra flow, dan pemanfaatan jalur Cisumdawu. “Kemudian memecah yang akan masuk dari arah Bandung menuju Km 66 lewat Japek Selatan. Ini adalah alternatif-alternatif yang telah dipersiapkan,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *