Berikan Bantuan Alsintan ke Petani, Kementan Harap Pertanian Semakin Optimal

Berikan Bantuan Alsintan ke Petani, Kementan Harap Pertanian Semakin Optimal
HARIANTERKINI.COM – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat dan mesin pertanian kepada 16 Kelompok Pertanian (Poktan) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Bantuan alsintan terebut diserahkan Kementan di halaman Kantor Dinas pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Mempawah

Adapun alsintan yang diberikan, seperti hand tractor, hands sprayer, kultivator, mesin pompa 4 inch, mesin dryer mobile, vertical dryer stainless, dan power thereser. Dengan adanya bantuan alsintan tersebut, Kementan berharap sektor pertanian di Kabupaten Mempawah akan semakin optimal. Hal ini sesuai dengan harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Alat dan mesin pertanian harus bisa mengangkat produktivitas pertanian. Oleh sebab itu, petani harus mampu memanfaatkan alsintan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, alat dan mesin tersebut mempunyai banyak manfaat. “Yang pasti, dengan alsintan proses produksi pertanian akan semakin cepat.

Misalnya untuk olah tanam. Dengan cara konvensional, olah lahan bisa memakan waktu beberapa hari. Tapi, dengan alat berupa traktor hanya butuh beberapa jam,” jelasnya. Oleh sebab itu, Ali berharap petani memahami alat tersebut sesuai karakter yang dibutuhkan.

“Alat dan mesin tersebut beragam, ada untuk olah lahan, tanam dengan rice transplanter, panen dengan combine harvester, dan lainnya. Semua itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

 

Baca Berita Selanjutnya: DOB Papua Buka Peluang Besar Bagi OAP Untuk Memimpin Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *