Raperda Keolahragaan Siap Cetak SDM Papua Bidang Olahraga

papua
HARIANTERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Manokwari Papua akan mengusulkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang sistem keolahragaan.
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora), Papua Immanuel Pangaribuan mengatakan, regulasi tersebut membagi empat ruang lingkup penataan sistem keolahragaan.
Meliputi pembinaan dan pengembangan keolahragaan, pembinaan dan pengembangan olahraga, pengelolaan keolahragaan, serta penyelenggaraan kejuaraan dan festival olahraga.
Pada kesempatan terpisah Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan pemerintah dalam tahun ini mempersiapkan regulasi tentang keolahragaan di Kabupaten Manokwari.
Ia berharap aturan itu mampu untuk menata kembali sistem olahraga yang selama ini belum baik.
Baca Juga : Investor Serbu IKN Nusantara
“Pada November ini, Perda tentang pengembangan olahraga di Kabupaten Manokwari selesai kita tetapkan,” kata Hermus Indou saat membuka turnamen sepak bola Bupati Manokwari Cup ke-II di Lapangan Borasi, Papua Minggu (16/10) sore.
Menurutnya, pemerintah akan menetapkan kalender olahraga untuk semua cabang olahraga secara permanen, termasuk rencana pemerintah menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni di Kabupaten Manokwari, Papua.
“Nanti kita sepakati apakah satu atau dua tahun sekali penyelenggaraannya,” ucap Hermus Indou.
Kehadiran regulasi diharapkan bisa menghindarkan generasi muda di Manokwari dari hal-hal yang negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *