Presiden Jamin Tak Ada Kenaikan Harga BBM Subsidi Hingga Akhir Tahun

Presiden Jamin Tak Ada Kenaikan Harga BBM Subsidi Hingga Akhir Tahun
HARIANTERKINI.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, listrik, dan gas LPG tiga kilogram tidak akan naik hingga akhir tahun. Subsidi untuk komoditas-komoditas itu dipastikan terus digulirkan di tahun depan jika kondisi perekonomian dunia membaik serta konflik antara Rusia dan Ukraina mereda.

“Presiden menjamin, sampai akhir tahun, subsidi BBM akan terjaga. Sekarang tren harga minyak menurun, kan. Kalau harga minyak dunia turun, harga BBM akan turun juga. Kita juga harapkan ketegangan antara Rusia dan Ukraina mereda. Itu akan sangat membantu ekonomi kita,” ujar anggota Dewan Penasihat Forum Pemred Primus Dorimulu, usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara optimistis harga bahan pangan bisa stabil. Sehingga tingkat inflasi di dalam negeri tidak akan melonjak tinggi.

Jokowi yakin produksi pangan tidak akan terganggu karena telah banyak dibangunnya infrastruktur pendukung, seperti bendungan dan irigasi. Bahkan, hasil panen bisa lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sawah-sawah yang dulu hanya sekali panen dalam setahun, sekarang bisa dua kali panen. Itu memberi dampak terhadap produksi beras. Presiden yakin kita sebentar lagi swasembada beras. Kalau harga pangan terjamin, inflasi juga terkontrol,” tutur Primus.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, situasi tersebut telah diperhitungkan pemerintah. Maka dari itu kekuatan Indonesia harus dikedepankan, yaitu permintaan domestik.

Permintaan domestik yang dimaksud antara lain adalah konsumsi rumah tangga yang memegang andil setengah dari perekonomian. Maka dari itu inflasi menjadi satu hal yang harus dikendalikan, baik yang bersumber dari pangan maupun energi.

Sisi energi diantisipasi dengan menambah subsidi bahan bakar minyak (BBM), LPG 3 kg dan listrik sebesar Rp 520 triliun. Sehingga masyarakat tidak perlu terbebani oleh kenaikan harga yang dialami oleh banyak negara lain. Inflasi tahun ini dan 2023 diperkirakan bisa terjaga di level 2-4%.

Pemerintah juga memberikan bantuan sosial (bansos) tambahan kepada masyarakat yang membutuhkan. Di mana tahun ini tambahannya mencapai Rp 18,6 triliun.

 

Baca berita lainnya : MyPertamina Bertujuan Untuk Tata Kelola BBM Subsidi Bukan Menaikan Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *