Jangan Risau, Vaksin Covid-19 itu Aman dan Halal!

Jangan Risau, Vaksin Covid-19 itu Aman dan Halal!
HARIANTERKINI.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan menegaskan penggunaan semua vaksin Covid-19 di Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi aman dan halal dari Majelis Ulama Indonesia, sehingga tetap bisa digunakan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan fatwa yang dikeluarkan MUI terkait Vaksin Covid-19 masih berlaku hingga saat ini.

Kemudian Kevin Haikal, Tim Pekajian Sertifikasi Halal Vaksin dari Kementerian Agama mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memutuskan bahwa vaksin Covid-19 hukumnya mubah atau boleh digunakan. Keputusan ini dikeluarkan dengan menimbang beberapa kaidah. Pertama, demi menjaga keselamatan masyarakat dari bencan pandemi. Kedua, karena keterbatasan vaksin yang dapat digunakan.

Sementara, dr. Achmad R Miftah, Dokter Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) di sebuah rumah sakit swasta di Jakarta mengatakan, sejatinya masyarakat sudah cukup menerima penggunaan vaksin Covid-19. “Ini tampak dari antusiasme masyarakat untuk divaksin. Mereka sudah tidak risau atau resah untuk di vaksinasi,” jelas dia.

Selain itu, terkait dengan perizinan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Achmad menjelaskan bahwa BPOM sudah menerbitkan izin berdasarkan beberapa pedoman. Yakni, pertama, keamanan dan khasiat vaksin yang terkait dengan uji klinis dan efikasi vaksin.

Kedua, mutu standar vaksin sesuai dengan standar yang ditetapkan BPOM. Ketiga, vaksin memiliki kemanfaatn yang lebih besar daripada efek samping yang ditimbulkan. “Sejauh ini, efek samping sangat minimal atau ringan,” kata Achmad. Terakhir, penetapan penggunaan vaksin lantaran belum ada pengobatan Covid-19 yang benar-benar teruji.

Dengan adanya pernyataan dari MUI soal kehalalan vaksin untuk Covid-19 serta penerbitan perizinan dari BPOM, seharusnya tidak ada keraguan lagi untuk melakukan vaksinasi.

Terlepas itu, pemerintah juga harus terus aktif mengkampayekan program vaksinasi yang benar dan masif, sehingga mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, baik di perkotaan hingga pelosok desa.

Tokoh agama dan tokoh masyarakat pun diharapkan bisa berperan aktif untuk memberikan informasi dan edukasi bahwa  vaksin itu aman, sehat dan suci kepada masyarakat di daerahnya.

Kemudian untuk mendapatkan informasi yang benar dan valid, masyarakat juga bisa mencari sumber-sumber terpercaya, yaitu melalui Kominco yang aktif membagikan info terkait Covid-19 melalui akun Twitter @lawancovid19_id, layanan telepon call center 119, kemudian website www.covid19.go.id dan Whatsaap di nomor 08133399000.

Baca berita lainnya : Jangan Panik dan Tetap Waspada, Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Terdeteksi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *