Cara Mudah Dan Praktis Mengatasi Muka Bengkak Ringan

HARIAN TERKINI.COM: –  Wajah bengkak bisa terjadi karena berbagai macam hal, seperti alergi, penyakit tertentu, bangun tidur hingga cedera ataupun karena terlalu banyak menangis.  Khusus wajah bengkak setelah bangun tidur atau setelah menangis adalah hal yang normal dan akan berangsur-angsur mengempis dengan sendirinya.  Jadi tenang saja, kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara.
Untungnya, sebagian kasus pembengkakan pada wajah bersifat ringan dan dapat diatasi sendiri di rumah, khususnya saat pandemi covid-19 dengan mudah dan praktis.  Beberapa cara untuk menghilangkan bengkak ringan yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan dilakukan kompres dengan air es, kompres dengan timun/tomat dingin dan banyak minum air putih.
Caranya sangat mudah dan praktis serta paling umum yaitu cukup dengan membasahi handuk berbahan lembut dengan air es, lalu mengompreskannya ke bagian wajah yang bengkak. Langkah ini bisa diulangi hingga beberapa kali sampai bengkak terasa berkurang.  Kompres dengan timun atau tomat dingin juga sangat efektif untuk mengurangi bengkak, dengan cara mengiris timun/tomat dan menempelkannya di muka, tunggu beberapa saat dan gantilah irisan timun/tomat yang baru yang  sudah tidak dingin.  Ulangilah beberapa kali.
Banyaklah untuk minum air putih karena saat badan terjadi dehidrasi maka sel-sel tubuh akan mencoba mengambil cairan dari jaringan sebanyak-banyaknya dan menyimpannya sehingga dapat menyebabkan wajah terlihat bengkak. Meminum air putih yang banyak, maka kebutuhan cairan di tubuh akan terpenuhi dan sel-sel yang menyimpan air tadi, akan melepas cadangan tersebut dan bengkak pun mereda.
Kompres dengan air hangat dan menggunakan kantung teh cukup beresiko karena kompres air hangat harus dilakukan lebih hati-hati dan hindari air tidak terlalu panas.  Dan tidak semua teh bisa digunakan untuk metode ini karena sebaiknya memilih teh yang mengandung cukup banyak kafein seperti teh hitam atau teh oolong dan seduhan air teh menunggu sampai mencapai suhu ruang dan kompres muka dengan kantung teh celup. Kafein dalam teh hitam atau teh oolong akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga bengkak di wajah berkurang.
Bengkak di wajah juga bisa menandakan adanya peradangan pemicu penyakit. Beberapa makanan yang dapat membantu meredakan peradangan wajah atau sebagai salah satu cara alami mengempiskan wajah bengkak, diantaranya buah, sayur, teh hijau, jahe kunyit, Cokelat.

Namun demikian, untuk menghilangkan wajah bengkak juga tidak sama, sehingga tidak boleh diabaikan apabila  bengkak  di wajah terasa tidak wajar…misalnya disertai gatal, sakit, kemerahan, sesak nafas atau lainnya agar segera diatasi dan mendapatkan bantuan maupun obat-obatan dari dokter.

Salam Sehat Dan Bahagia Selalu.

BACA JUGA :
  1. Kemenkes: Vaksin Benteng Pertahanan dari Covid-19
  2. Dokter Reisa: Vaksinasi Booster Penting!
  3. Interval Dosis-2 Sinovac Terlewat? Masih Bisa Vaksin, Jenisnya Bebas
  4. UU Otsus Papua Berikan Amanat untuk Pemekaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *