Tes Pramusim MotoGP2022 Dan Prospek Sirkuit Mandalika

HARIAN TERKINI.COM : – Hari ini, dimulai tes Pramusim MotoGP 2022 (Pertamina Grand Prix of Indonesia) di Sirkuit Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.  Tes akan berlangsung tiga hari hingga Minggu, 13 Februari 2022.

 

Direktur tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli berharap tes yang lebih produktif di Mandalika setelah para pembalap hanya diberi waktu dua hari di Sepang, Malaysia. Pembalap Suzuki Alex Rins menjadi pembalap pertama yang turun ke Sirkuit Mandalika saat tes MotoGP Mandalika dimulai. Rins mencetak sejarah sebagai pembalap pertama MotoGP yang mengaspal di Indonesia sejak 1997.

Para pembalap akan mencoba mengenal Sirkuit Mandalika yang memiliki 17 tikungan yaitu enam tikungan ke kiri dan 11 ke kanan itu, serta lintasan lurus utama yang lebih pendek dibandingkan dengan yang dimiliki Sepang, Malaysia. Sirkuit Mandalika mempunyai Panjang sirkuit: 4,3 kilometer, Lebar sirkuit: 15 meter, Panjang trek lurus: 507 meter.   Oleh karena itu, 3 hari tersebut akan sangat krusial bagi tim dan pembalap untuk mengonfirmasi hasil pengembangan motor baru mereka serta menentukan arah untuk awal musim sebelum kejuaraan dibuka di Qatar pada 6 Maret 2022 mendatang.

Terkait pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan ini, Pemerintah telah menerbitkan peraturan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Aturan yang termuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 8 Tahun 2022 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Mandalika, NTB.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menyampaikan panitia penyelenggara tetap mengawasi seluruh kegiatan para pembalap MotoGP dalam tes di Sirkuit Mandalika.  Juga memastikan sistem gelembung untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 telah berjalan secara ketat.   Sistem gelembung sudah membatasi ruang gerak para pembalap. Untuk Panitia, hanya memperbolehkan para pembalap dan timnya, yang datang dari Malaysia, berada di area hotel, sirkuit dan tempat olahraga.

Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika ini diproyeksi dapat membangkitkan nilai ekonomi tidak kurang dari Rp 500 miliar. Total lebih dari 11 ribu tenaga juga kerja bakal terserap saat MotoGP berlangsung. Untuk jangka panjang, lebih dari 50 ribu lapangan kerja akan terbuka melalui berbagai event yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit.

Sehubungan dengan hal tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyampaikan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika menjadi sarana promosi yang efektif sehingga akan menambah daya tarik atau country branding Indonesia di mata dunia.

Luar biasa.  Semangat Indonesiaku…

BACA JUGA :

Ketua Gepak Kuning Mendukung Pemindahan IKN di Prov. Kaltim

Pembangunan Ibu Kota Baru Jadi Bagian Transformasi Ekonomi

Warga Kampung Waa Banti di Papua Bisa Kembali Menikmati Air Bersih dan Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *