Pemerintah Siapkan Skenario Hadapi Omicron

Pemerintah Siapkan Skenario Hadapi Omicron
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Pemerintah terus memantau secara ketat dan menyiapkan skenario untuk menghadapi kemungkinan terburuk peningkatan kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

Dalam sepekan terakhir, terjadi peningkatan signifikan kasus COVID-19 varian Omicron secara global. Kasus Omicron global meningkat dari 7.900 kasus menjadi 62.342 kasus atau sekitar delapan kali lipat. Untuk itu, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan kasus varian baru tersebut.

Di antaranya dengan tetap menggunakan level PPKM dan menggunakan batas ambang 10 kasus/juta penduduk/hari (setara 2.700 kasus per hari) untuk mengukur kapan pengetatan kegiatan masyarakat perlu dilakukan.

Pembatasan akan diketatkan ketika kasus konfirmasi melebihi 500 dan 1.000 kasus per hari, juga ketika tingkat rawat inap dan kematian nasional atau provinsi mendekati level 2 yang ditentukan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa hingga saat ini respons Indonesia dalam menghadapi varian Omicron cukup bagus. Dikarenakan penanganan Pemerintah dalam perkembangan kasus Omicron yang terjadi saat ini di Indonesia berada pada tingkat yang rendah pasca ditemukan kasus pertama Omicron di Indonesia.

Tetapi Menko Marves mengingatkan agar masyarakat menahan perjalanan ke luar negeri jika tidak dalam keadaan darurat agar tidak melonjaknya kasus virus Omicron di Indonesia. Pemerintah pun juga melakukan pengetatan pintu kedatangan internasional baik melalui darat, laut, maupun udara.

Baca Berita Lainnya : Presiden Jokowi Lantik 12 Duta Besar LBBP RI untuk Negara Sahabat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *