Kabar Gembira Tren Kasus Covid-19 Menurun, Jokowi Ingatkan Untuk Tetap Waspada

HARIANTERKINI.COM – Tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Pesan Presiden Jokowi kepada jajarannya tetap harus waspada untuk lonjakan kasus menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan rata-rata peningkatan kasus harian selama tujuh hari atau 7 Day Moving Average (7DMA) per 14 November untuk kasus Covid-19 di Indonesia semakin baik. Tren penurunan kasus konfirmasi harian dan jumlah kasus aktif terus terjadi secara konsisten baik di wilayah Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali. Kasus aktif di Indonesia per 14 November adalah sebanyak 9.018 kasus dengan kasus konfirmasi harian sebanyak 339 kasus.

Airlangga melanjutkan, tren penurunan ini semakin konsisten dengan kasus aktif sekarang hanya sebesar 0,31% dari angka kasus nasional. Artinya penurunan dari puncak adalah sudah turun drastis atau sebesar 98% jika dihitung dari 6 Agustus yang lalu. Selain itu, parameter tingkat kematian di Indonesia akibat Covid-19 berada di angka 3,12%. Sedangkan untuk tingkat kesembuhannya, Indonesia kini ada di angka 96,57%.

Meski tren kasus harian menurun secara konsisten, Presiden Jokowi menekankan agar sejumlah daerah harus tetap dimonitor secara ketat untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus. “Bapak Presiden juga menekankan lima provinsi yang jumlah kasusnya sekarang mulai melandai dan ada beberapa indikasi mulai ada kenaikan itu harus dimonitor secara ketat. Jadi lima-limanya adalah provinsi di Jawa,” ujar Menkes.

Untuk status level PPKM, untuk kabupaten/kota berleve level 4 adalah nol. Kemudian level 3 ada 5 kab/kota yaitu Tanah Tidung, Gayo, Gayo Luwes, Sorong, Teluk Bintuni. Level 2 ada 207 kabupaten/kota dan level 1 ada 174 kabupaten/kota.

“Status PPKM saat ini masih sama dengan minggu sebelumnya, baru update di minggu selanjutnya kita memonitor terus,” tandas Airlangga.

Baca juga: Bawaslu: Kapanpun Tanggal Pemilu 2024, Kami Siap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *