Pemerintah Pasti Memberikan Perlindungan Dan Bantuan Kepada Anak Yang Kehilangan Orang Tua Akibat Covid-19

HARIAN TERKINI.COM – Pandemi Covid-19 telah merenggut banyak nyawa di seluruh penjuru dunia, termasuk negara tercinta, Indonesia.  Banyak keluarga yang kehilangan orang tua, anak, saudara, ataupun teman. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 per 20 Juli 2021 diketahui ada 11.045 anak menjadi yatim piatu, yatim atau piatu.

Perlu diketahui dengan merujuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 1 Tahun 2020, pengasuh utama bagi anak yang orangtuanya meninggal dunia, prioritasnya adalah keluarga sampai derajat ketiga, seperti kakek – nenek, atau paman-bibinya. Dan apabila tidak memungkinkan, penempatan anak bisa melalui orang tua asuh atau di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau panti asuhan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan bahwa Kementerian Sosial melalui Balai/Loka Rehabilitasi Sosial dan Pendamping Rehabilitasi Sosial telah mendapatkan laporan mengenai anak-anak akibat ditinggal orang tua yang meninggal karena terpapar Covid-19.  Melakukan respon secepat mungkin melalui  Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Melakukan reunifikasi anak dengan keluarga besarnya, memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orang tua asuh (foster care)/wali/pengangkatan anak dan pengasuhan anak.   Kementerian Sosial RI juga berupaya memberikan dukungan aksesibilitas untuk membantu anak agar dapat mengakses kebutuhan lainnya.

Selanjutnya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate melalui keterangan tertulisnya memastikan negara hadir memberikan perlindungan dan bantuan kepada anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Bantuan tersebut mencakup obat-obatan, vitamin, test swab/PCR, vaksinasi dan kebutuhan dasar.

Karena itu, perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Negara akan hadir untuk melindungi semua anak yang merupakan bagian penting dari masa depan bangsa ini.

Pemerintah memberikan perlindungan dan bantuan agar mereka mampu melanjutkan hidup dan melalui Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19 serta berupaya memastikan anak-anak bangsa bisa terus melanjutkan hidup sebagai harapan dan masa depan Indonesia tercinta.

Semangat                                                                                                                      Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *