Noted !!! 21 April 2021 Semangat Kartini Bukan Sekedar Issue Bagi Wanita Indonesia

Kartini
HARIAN TERKINI: – 21 April 1879 dan sampai hari ini 21 April 2021 menjadi Hari Kartini di Indonesia.  Alhamdulillah untuk tetap/terus menggelorakan semangat kartini dan selalu bermanfaat sebagai wanita Indonesia.

Pahlawan nasional wanita Indonesia, RA Kartini teruji kegigihan dan kecerdasannya yang dapat dipahami melalui surat-surat yang berisi pemikirannya untuk memajukan kaum wanita pribumi.  Kefasihannya berbahasa Belanda, membuat mampu mendapatkan informasi dari buku, media cetak, dan sahabat pena dari Belanda.  Korespondensi dan semangat belajarnya yang tak terbatas inilah yang membuatnya semakin sadar akan ketimpangan sosial dan sistem patriarki yang menekan kaum wanita sebangsanya (saat itu).  Oleh karena itu, pahlawan nasional wanita Indonesia bertekad ingin memajukan pola pikir dan kesetaraan dalam hal mengenyam pendidikan bagi kaum wanita.

 

Tidak diam begitu saja, pahlawan nasional wanita Indonesiaterus mengasah kemampuan dan ilmunya lewat berbagai buku bacaan.

Kemudian ia juga sering saling bertukar surat dengan sahabat pena yang merupakan orang Belanda. Salah satu sahabat penanya yang dikenal bernama Rosa Abendanon.

Karena sangat gemar membaca banyak buku, wawasan pahlawan nasional wanita akhirnya terbuka dan ingin memperjuangkan haknya sebagai perempuan.

Ia ingin dirinya dan seluruh perempuan Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Sayangnya, Kartini meninggal dunia di usia muda tepatnya pada tanggal 17 September 1904.

Namun, surat-suratnya yang ia kirimkan pada sahabat penanya akhirnya menginspirasi banyak orang.

Hingga pada akhirnya berdirilah Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912.

Sekolah ini diberi nama “Sekolah Kartini” yang didirikan oleh tokoh politik, yaitu keluarga Van Deventer.

Pada akhirnya Sekolah Kartini ini berdiri di berbagai daerah, seperti Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya.

 

 

Tidak hanya di Indonesia, perjuangan R.A. Kartini juga terkenal di masyarakat Eropa, termasuk Belanda.

Bahkan di Belanda ada empat kota yang menggunakan nama R.A Kartini sebagai nama jalan antara lain Utrecht, Venlo, Amsterdam dan Haarlem.

Dalam situasi pandemi Covid-19 khususnya 13 bulan setelah pandemi dimana pemerintah masih terus bekerja keras untuk menghadapi tantangan dan mengatasi krisis kesehatan terbesar di jaman ini, Semangat pahlawan nasional wanita Indonesia yang terangkum dalam keindahan dan kecantikan tekadnya pada hari spesial ini.

  1. Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries S. dalam sambutan acara Talk to Scientists “Talenta Perempuan Untuk Kemajuan Riset Indonesia” menyebutkan mempunyai inspirasi dari salah satu karakter pahlawan nasional wanita Indonesia yaitu ketekunannya untuk melakukan perubahan dan hal ini adalah tidak mudah.  Saat ini, hal tersebut relevan untuk kita semua.
  2. Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana menyampaikan “Kartini masa kini dituntut mampu beradaptasi dengan cepat, memiliki intelektualitas, dan kepekaan tinggi. Salut dengan Kartini abad 21, tantangannya begitu hebat, perubahan cepat tetapi selalu mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan”.
  3. Pelaksana Tugas Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Kartini R. dalam Webinar yang membahas “Dengan semangat RA Kartini, kita wujutkan keluarga sehat 3 generasi”. Hal ini menegaskan pentingnya peran perempuan dalam mewujutkan keluarga yang sehat.
  4. Ketua Srikandi BUMN Indonesia, Tina Kemala Intan menyampaikan dari penelitian dari 12 kluster BUMN menunjukkan 25 % karyawan di BUMN adalah perempuan. Dan dengan semangat kolaborasi menyatukan daya untuk berkontribusi secara positif bagi kemajuan BUMN dan membawa nilai ekonomi dan sosial bagi bangsa dan negara Indonesia.
  5. Duta Bela Negara dan Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya, Olivia Zalianty menilai “Keberanian merupakan hal yang paling kuat dari sosok pahlawan nasional wanita Indonesia dan meneladani pernyataan pahlawan nasional wanita Indonesia yang menyebut bahwa orang yang berani akan menjadi pemenang. Bukan hanya konsep tapi juga dilakukan, sehingga beliau mampu keluar dari sekapan atas dirinya dan melalui menulis”.
  6. Vice President (VP) Teknik Blue Bird “Selama kamu mampu, kamu bisa, kamu berprestasi, why not kamu bisa ada di manapun”.
  7. Akun Twitter @susipudjiastuti memposting “Selamat Hari Kartini. Bila mau, wanita bisa melakukan dan menjadi apa saja yang dia inginkan.  Tentu kerja keras, konsistensi, dan integritas menjadi modal utama juga… Wanita bisa”.

Jadikan selalu…Semangat pahlawan nasional wanita Indonesia menjadi inspirasi bagi diri, sesama wanita dan semuanya. Eksistensi para Kartini masa kini, terus dinanti untuk menghasilkan bangsa yang berjaya.

 

baca berita selanjutnya : Jokowi: Saya Dukung Riset Vaksin COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *