Mendag Lutfi: Harga Cabai Sekarang Sudah di Bawah Rp 70 Ribu

Mendag Lutfi: Harga Cabai Sekarang Sudah di Bawah Rp 70 Ribu
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan harga cabai dan bawang sudah mulai menurun. Dia juga menyebutkan jika pasokan sembako menjelang ramadan dan Idul Fitri aman.

Lutfi menyebut dengan amannya pasokan barang ini maka masyarakat bisa lebih tenang dalam menjalankan ibadah.

“Saya mulai mengecek ketersediaan barang Ramadhan dan Idul Fitri di Pasar Induk Kramat Jati untuk periksa dari hulunya. Semua barang hampir dibilang stabil bahkan menurun,” kata dia, Rabu (7/4/2021).

Dia mengungkapkan dengan proyeksi panen maka pasokan barang bisa lebih besar dan harga cabai bisa terus turun.

“Ramadhan tahun ini harga stabil dan terjangkau, dengan adanya panen juga bisa terus turun. Mudah-mudahan puasa kita tahun ini lebih tenang karena barangnya ada dan tersedia,” tambah dia.

Lutfi menambahkan untuk harga bawang putih tercatat stabil di harga Rp 18 ribu – Rp 20 ribu per kilogram. Kemudian di toko ritel ditambah Rp 1.000 dan harga ini masih tetap di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Lalu harga cabai keriting yang tadinya sempat di atas Rp 100 ribu saat ini sudah di bawah Rp 70 ribu. Apalagi ditambah ketika panen pasti harga akan lebih rendah. “Kemudian tadi harga cabai keriting yang tadinya sempat di atas 100 ribu sekarang udah di bawah 70 ribu ketika nanti panen juga cabai merah juga,” katanya.

Untuk harga cabai, Lutfi mengimbau kepada pengelola pasar jaya untuk mencari alternatif. Hal ini karena harga cabai selalu bergejolak ketika panen dan masa paceklik.

Jadi ketika panen cabai disimpan dan diolah agar bisa awet lebih lama. “Itu bisa dipisahkan, supaya ketika panen harga tidak jatuh dan ketika barang tidak ada, harganya naik,” ujarnya.

Baca Berita Lainnya : Jangan Lagi Bicara Halal Haram Vaksin Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *