KEMENDIKBUD Yakin Peleburan KEMENRISTEK Percepat Kinerja Riset Dan Inovasi

KEMENDIKBUD Yakin Peleburan KEMENRISTEK Percepat Kinerja Riset Dan Inovasi

HARIANTERKINI.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyambut baik rencana penggabungan dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Saat ini Kemendikbub masih menunggu realisasi penggabungan itu

“Kemendikbud menyambut baik segala perubahan untuk membuat Indonesia menjadi lebih maju lagi. Mari kita tunggu pengumuman resmi oleh Bapak Presiden terkait penggabungan Kemenristek dan Kemendikbud ini,” kata Kepala Plt Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat ( BKHM) Kemendikbud Hendarman mengutip Media Indonesia, Senin, 12 April 2021.

Dihubungi terpisah, Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam menepis kekhwatiran penggabung dua kementerian ini akan memperlambat kinerja Kemendikbud. Apalagi, menghambat inovasi akibat adanya pembenahan birokrasi atau nomenklatur.

“Rasanya malah bisa mengakselerasi kinerja riset maupun inovasi yang sedang terjadi di Dikti melalui kampus merdeka,” ungkap Nizam.

Dia mencontohkan adanya kerjasama Dikti dengan Kementerian Pertanian untuk mentransformasi pertanian 4.0 dan melahirkan petani-petani milenial. Berikutnya, kerja sama dengan Kemendes untuk membangun desa cerdas serta dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk modernisasi perikanan tangkap maupun budidaya, dan banyak kementerian lainnya maupun dunia swasta.

Nizam menambahkan sebelum Dikti bergabung menjadi Kementerian RistekDikti, penelitian di perguruan tinggi dikelola dalam satu direktorat jenderal pendidikan tinggi. Ditjen Dikti mengelola pendidikan tinggi yang didalamnya mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga : Perkuat Perekonomian Nasional, Jokowi Bentuk Kementerian Investasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *