Berkat Diskon Pajak, Jokowi Sebut Industri Otomotif Telah Bangkit

Berkat Diskon Pajak, Jokowi Sebut Industri Otomotif Telah Bangkit
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru yang berlaku sejak Maret 2021, telah berdampak positif pada industri otomotif.

Dalam seremoni pembukaan IIMS Hybrid 2021, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, telah menerima laporan peningkatan penjualan mobil.

Menurut Jokowi, kebijakan diskon pajak yang diterbitkan pemerintah berhasil mendongkrak penjualan dan merangsang daya beli produk otomotif.

Secara langsung hal tersebut bisa menggerakkan industri otomotif yang sempat terpuruk karena pandemi. Harga mobil yang turun karena insentif PPnBM, telah berdampak positif pada penjualan.

“Saya dapat laporan dari Menteri Perindustrian, ada kenaikan untuk purchase order 190 persen. Artinya harus inden, artinya ini yang memproduksi kewalahan, artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali,” ucap Jokowi, dalam konferensi virtual (15/4/2021).

Jokowi juga mengatakan, PMI (Purchasing Manager Index) di pasar sudah berada di angka 53. Sementara BI (Bank Indonesia) mencatat angka 55, padahal sebelum pandemi di angka normal, angka kita di 51.

Baca Berita Lainnya : Vaksin AstraZeneca Aman, Boleh, dan Wajib bagi Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *