Pernyataan Jokowi Soal Benci Produk Asing, Mendag: Untuk Mendorong Produk Lokal

Pernyataan Jokowi Soal Benci Produk Asing, Mendag: Untuk Mendorong Produk Lokal
HARIANTERKINI.COM – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meluruskan pernyataan Presiden Jokowi soal membenci produk-produk luar negeri.

 

Dia membantah bahwa pernyataan tersebut merupakan bentuk proteksionisme Pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam Pernyataan Pers Menteri Perdagangan pada Raker Kemendag 2021, Kamis, 4 Maret 2021.

“Tidak benar kalau misalnya kita itu, apalagi ucapan Bapak Presiden itu sebagai bentuk daripada proteksionisme atau tidak menyukai barang-barang impor. Itu tidak benar,” ujar Muhammad Lutfi.

Dia pun meminta agar pernyataan Presiden tersebut tidak dibesar-besarkan, karena pengarahan yang diberikan hanya beberapa menit sebelum acara berlangsung.

“Dan saya minta tolong itu untuk tidak dibesar-besarkan, karena kalau yang salah ya salah saya, karena saya brief beliau itu bener-bener sesaat sebelum acara tersebut berlangsung,” kata Muhammad Lutfi.

Meski begitu, dia mengimbau agar pernyataan Jokowi tersebut dapat dijadikan penyemangat untuk mendorong produk lokal meningkatkan kualitasnya.

“Jadi saya minta tolong, pernyataan Bapak Presiden tersebut tidak perlu dibesar-besarkan ya. Tapi itu juga jadi penyemangat, supaya mendorong produk lokal meningkatkan kualitasnya dan mendorong kita semua untuk mencintai produk-produk dalam negeri,” tutur Muhammad Lutfi.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa jika ada pihak yang harus disalahkan atas pernyataan tersebut, salahkan saja Menteri Perdagangannya.

“Ya, jadi kalau disalahin, salahin Menteri Perdagangannya. Kenapa? Karena brief-nya itu yang bikin kasarnya bikin naik pitam gitu kan ya,” ucap Muhammad Lutfi.

Dia mengatakan bahwa hal itu disampaikan, karena barang-barang milik pengusaha UMKM Indonesia diserang secara tidak adil dan curang.

“Karena barang-barang kita, usaha UMKM kita diserang itu secara tidak adil, secara curang, dan itu di saya brief-nya beberapa menit sebelum masuk ke dalam acara,” ujar Muhammad Lutfi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk terus menyuarakan ajakan-ajakan untuk mencintai produk dalam negeri.

“Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri,” kata Jokowi.

Dia menegaskan bahwa Kemendag harus berusaha untuk lebih mempromosikan produk dalam negeri, agar masyarakat menjadi konsumen yang loyal.

“Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga betul-betul, masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk Indonesia,” tutur Jokowi.

Baca juga: Jokowi Harap Positivity Rate COVID-19 Indonesia Semakin Turun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *