Semangatku Indonesiaku

Semangatku Indonesiaku
HARIANTERKINI.COM – Sahabat, pembangunan nasional merupakan bentuk usaha pembangunan berkelanjutan yang. Meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional di tanah air.

Dalam tujuan pembangunan nasional terdapat sasaran pembangunan, seperti untuk:

  1. Pemulihan ekonomi menjadi semakin cepat. Serta memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan, berdasarkan sistem ekonomi kerakyatan.
  2. Mewujudkan supremasi hukum dan pemerintahan yang baik.
  3. Mewujudkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan ketahanan budaya.
  4. Membangun sistem politik yang demokratis, serta mempertahankan persatuan dan kesatuan.
  5. Mewujudkan pemerataan pembangunan, serta mendorong pembangunan di daerah-daerah.

Sementara itu, tujuan utama setiap negara melakukan pembangunan ekonomi adalah untuk memeroleh kemakmuran, baik kemakmuran bagi negara maupun kemakmuran bagi penduduknya. Kemakmuran hanya bisa diperoleh apabila pembangunan ekonomi yang dilakukan suatu negara berhasil.  Namun demikian, keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya dilihat dari sisi ekonomi saja, tetapi juga dari sisi lainnya.

Ada tiga aspek dalam indikator ekonomi dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi, diantaranya adalah laju pertumbuhan ekonomi.

Mengutip website Kemenkeu RI: Perekonomian Indonesia menunjukkan perbaikan yang signifikan pada triwulan III 2020. Titik balik atau turning point pemulihan ekonomi di triwulan III 2020 ini juga tercermin dari data ekonomi yang menunjukkan adanya perbaikan di berbagai sektor.

Pada triwulan III 2020, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar -3,49% (YoY); membaik dari triwulan sebelumnya yang sebesar -5,32% (YoY). Hal ini menunjukkan proses pemulihan ekonomi dan pembalikan arah (turning point) dari aktivitas-aktivitas ekonomi nasional menunjukkan ke arah zona positif. Seluruh komponen pertumbuhan ekonomi, baik dari sisi pengeluaran mengalami peningkatan, maupun dari sisi produksi. Perbaikan kinerja perekonomian didorong oleh peran stimulus fiskal atau peran dari instrumen APBN di dalam penanganan pandemi Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional.

Untuk memastikan agar tren pemulihan ekonomi yang menunjukkan pembalikan nyata bisa terus berjalan, masyarakat terus melakukan disiplin di dalam protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Pemerintah tetap akan menjalankan 3T yaitu testing, tracing, dan treatment di dalam mendukung pengendalian penyebaran Covid-19

Sahabat, selanjutnya pemerintah Indonesia terus mendorong momentum pemulihan ekonomi ini dengan berbagai kebijakan yang ada.

Baca Juga: 18 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Akan Distribusikan untuk Vaksinasi Tahap Dua

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *