Pilkada Usai, Saatnya Pemimpin Jalankan Amanah untuk Ekonomi Berkelanjutan

Pilkada Usai, Saatnya Pemimpin Jalankan Amanah untuk Ekonomi Berkelanjutan
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah usai, saatnya bangkit dan mengapresiasi keputusan atas hasil pilkada serta melupakan benturan politik yang terjadi akibat silang pendapat antar kandidat. Sedangkan bangkit dari keterpurukan adalah bangkit dalam beragam krisis khususnya akibat pandemic Covid-19.

Covid-19 berhasil membuat babak belur perekonomian dunia. Faktnya, hampir semua sektor perekonomian terkapar, bahkan sampai saat ini pemulihan ekonomi masih sangat lamban dan begitu dramatis.

Di Indonesia sendiri, ekonomi 2020 yang awalnya diprediksi akan tumbuh hingga 5,3 persen year on year (yoy) atau lebih tinggi daripada realisasi pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,02 persen. Namun nyatanya, ekonomi Indonesia berjalan minus 2,2 persen hingga minus 1,7 persen di tahun 2020. Sungguh catatan yang kelam.

Dengan kondisi dan realita yang begitu mengkhawatirkan, Indonesia butuh tidak sekadar kebijakan pemulihan semata, tapi butuh kebijakan yang mampu membawa perubahan yakni dengan melakukan lompatan.

Oleh sebab itu, tantangan terbesar para pemenang Pilkada 2020 tidak hanya memulihkan kondisi seperti sediakala tapi juga melompati krisis multidimensi.

Dengan sinergitas pemerintah Pusat dan Daerah diharapkan akan mampu mempercepat pemulihan ekonomi di tengah Pandemi COvid-19. Kepala daerah terpilih diharapkan mampu menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif dan bisa mengeksplorasi potensi daerah yang mereka pimpin.

Pertumbuhan ekonomi nasional akan cepat pulih apabila ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang positif di tingkat daerah. Para kepala daerah harus berani keluar dari zona nyaman tidak melulu mengandalkan dana APBD, namun bagaimana mampu mendatangkan investor ke daerahnya.

Dengan kehadiran para investor, akan ada efek positif seperti tersedianya lapangan kerja, terbukanya peluang usaha dan tingkat konsumsi rumah tangga semakin meningkat.

Kini ,sudah saatnya semua pihak sadar bahwa Pilkada Serentak 2020 harus menjadi momentum bagi para kepala daerah terpilih untuk memperkuat komitmen agar kebangkitan perekonomian di daerah dapat diwujudkan.

Baca Berita Lainnya : Pilkada 2020 Sukses, Evaluasi Tetap Dilaksanakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *