Keberhasilan Pilkada Cermin Publik Percaya bahwa Pemerintahan Efektif

Keberhasilan Pilkada Cermin Publik Percaya bahwa Pemerintahan Efektif
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Para tokoh publik dan organisasi kemasyarakatan maupun keagamaan mengapresiasi keberhasialan pemerintah dalam menjalankan pilkada tingkat kepatuhan pada protokol kesehatan COVID-19 yang tinggi. Salah satunya diungkapkan oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) melalui Komisi Kerasulan Awam KWI.

Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 menjadi cermin kepercayaan publik pada pemerintahan yang efektif.

Sekretaris Komisi Kerasulan Awam KWI Rm Paulus C Siswantoko Pr, di Jakarta, Jumat, mengatakan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 yang telah berlangsung dengan aman, lancar.

“Apresiasi juga disampaikan kepada penyelenggara pilkada, dalam hal ini KPU, Bawaslu dan tentu juga Kementerian Dalam Negeri sebagai representasi pemerintah, yang telah merencanakan dan merealisasikan pilkada secara baik, lancar, dan aman sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Rm Paulus C Siswantoko,

Pilkada kali ini mencerminkan tingginya kesadaran masyarakat terhadap tanggung jawab politik yang diwujudkan dalam partisipasi untuk memberikan hak suaranya meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Ia mengatakan Pilkada 9 Desember 2020 dapat dikatakan merupakan salah satu pemilihan umum terbesar di dunia tahun ini bila dilihat dari skala geografis dan jumlah penduduk yang turut serta.

Sebanyak 106 juta penduduk di 309 provinsi, kabupaten dan kota telah melaksanakan hak pilihnya. Lebih dari 608 paslon ikut berkontestasi, dilayani oleh tidak kurang dari 3,5 juta personel penyelenggara.

Lebih menggembirakan lagi lanjut Rm Paulus C Siswantoko adalah keberhasilan mencegah area pilkada menjadi klaster penularan COVID-19, sebagaimana yang dikhawatirkan sebelumnya.

Baca Berita Lainnya : Peran Kemendagri Sukseskan Pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *