Pilkada 2020 Sukses Digelar, Model Pesta Demokrasi Masa Depan

HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 berjalan lancar dan kondusif. Kondusivitas ini tentu tidak lepas dari koordinasi, sinergitas, serta komitmen berbagai pihak yang terlibat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk menjaga marwah pesta demokrasi.

Apresiasi patut diberikan kepada seluruh pihak yang terlibat, karena dinilai mampu menjalankan strategi double gardan, memfasilitasi tumbuh kembang demokrasi, dengan tetap disiplin dan tegas melaksanakan protokol kesehatan.

Kepada para calon yang terpilih, diharapkan dapat senantiasa berpegang pada sesanti Vox Populi Vox Dei, dimana seorang pemimpin harus melaksanakan lelaku hamengkoni, sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan dan sekaligus menjadi pamong praja masyarakat.

Mendagri Tito Karanavian menuturkan bahwa pengaturan jam pemilihan pada setiap Tempat Pemungutan Suara menjadi salah satu faktor kondusivitas Pilkada. Kata Tito, “Perlu diapresiasi juga ketegasan teman-teman TNI/Polri. Dengan adanya pengaturan jam, ritmenya pun menjadi konstan, sehingga suasana relatif tertib. Saya kira ini bisa menjadi model tidak hanya saat Pandemi, tapi model ke depan.”

Tito berharap metode Pilkada yang telah diterapkan dapat menjadi referensi bagi negara lain. “Karena bangsa kita mampu melaksanakan agenda kolosal, lebih kurang 76 juta dari 100,3 juta pemilih berpartisipasi dalam Pilkada. Jumlah ini menunjukkan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kuat. Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk kepada Bapak Presiden atas dukungannya,” tutupnya.

Baca Berita Lainnya : SUKSES SELENGGARAKAN PILKADA DI TENGAH PANDEMI, DEMOKRASI DI INDONESIA BERJALAN SANGAT BAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *