Iis Sugianto Berawal Positive COVID-19 Berakhir Happy

iis sugianto-berawal-positive-covid-19
HarianTerkini.com – Iis Sugianto salah satu penyanyi lawas Indonesia era 80-an terkonfirmasi positive Covid-19 yang dapat dilihat dari sebuah video terkait pengalamannya untuk berjuang melawan virus corona. Pelantun Jangan Sakiti Hatinya ini diketahui mengidap corona setelah melakukan torkas dan swab disalah satu rumah sakit.

Iis Sugianto mengabarkan dirinya kini sudah sembuh dari COVID-19. Sebelumnya, ia dirawat selama 3 minggu di rumah sakit. Iis bersyukur atas kesembuhannya. Dia menganggap hal ini sebagai kesempatan hidup kedua yang dihadiahkan Tuhan.

“Terima kasih saya ucapkan untuk Allah SWT yang memberikan saya kesempatan kehidupan yang kedua. Insya Allah saya akan pergunakan lebih banyak untuk beribadah,” ucapnya.

Awal mula merasakan

Iis Sugianto waktu dirawat

“Bermula dari suhu tubuh yang naik turun, kadang suhu panas, tiba-tiba normal kembali. Karena itu saya memberanikan diri memeriksa ke lab dan dinyatakan sakit tipes,” kata Iis Sugianto.

Pada hari ketiga, sakit tersebut tidak kunjung membaik. Ia kemudian kembali memeriksakan diri ke rumah sakit. Penyanyi era ’80-an itu kembali didiagnosa sakit tifus.

Tak lama setelah itu, ia diminta menjalani tes swab. Hal itu dilakukan setelah diketahui ada lendir di paru-parunya.

“Jam 11 pagi dokter internis datang, ‘Bu Iis kelihatannya hasil toraks Bu Iis mencurigakan. Paru-paru Bu Iis seperti ada lendir, Bu Iis harus swab ya’,” ujar Iis.

“Kira-kira jam 4 sore dokter datang (bilang) ‘Bu Iis COVID, nggak bisa tinggal di rumah sakit ini karena tidak menerima pasien COVID, jadi Bu Iis mohon maaf harus kita pindahkan hari itu juga’,” lanjutnya.

Wanita 58 tahun ini menduga bahwa dirinya tertular virus corona saat tengah mengisi acara di sebuah tempat. Dalam acara tersebut, dirinya mengaku sempat bernyanyi dan terpaksa membuka masker.

Iis Sugianto saat tampil dalam suatu acara

Iis Sugianto mengaku dirinya hampir putus asa. Ia bahkan sempat merasa ini adalah akhir dari hidupnya. Sampai-sampai, Iis Sugianto sempat ingin menulis surat wasiat untuk ketiga anaknya.

“Yang ada di pikiran saya saat itu adalah anak-anak. Saya dalam keadaan yang 50 persen sembuh, 50 persen inilah akhir hidup saya,” ucapnya.

“Saya ingin sekali menitipkan pesan lewat surat satu-satu pada anak-anak. Pesan terakhir kepada anak-anak, buat Nadia, Shana, Aziz, itu yang ada dalam pikiran saya,” kata Iis.

Pesan moral kepada rekan artis dan masyarakat

Melalui akun Youtube Channelnya, Iis Sugianto mengaku bingung, bagaimana seorang penyanyi bisa menghibur tanpa melepas masker. “Saya berpesan kepada teman-teman penyanyi, bagaimana menyanyi tanpa masker? Saya juga pusing mikirinnya,”.

Kendati demikian, Iis saat ini diketahui sudah sembuh dari corona dan bisa kembali menjalani kehidupannya seperti biasa. Namun, ia juga sempat memberikan imbauan agar para rekan-rekan di dunia entertain, baiknya membawa mic sendiri untuk meminimalisir tertularnya mereka dengan virus corona.

“Mungkin ya kalau saya pikir, mic mungkin kita harus tutup, punya kita sendiri mic-nya. Kita tutup,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga menghimbau agar masyarakat bisa menjauhi keramaian untuk sementara waktu. Tentunya dengan tetap menggunakan masker dimanapun berada, untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang di sekitar kita.

“Jauh dari orang-orang, kalau bisa jangan keramaian dulu, jaga dulu deh. Karena kesehatan nomor satu. Jaga diri kita, kalau Anda menyayangi diri dan keluarga, pakailah masker,” ucapnya.

“Ada dokter bilang, ‘Kalau Anda memakai masker, Anda adalah pahlawan bagi diri Anda dan sekeliling Anda’,” tandasnya.

Iis pun mengucap syukur dan juga mengungkapkan terima kasihnya kepada para tenaga kesehatan yang merawatnya hingga sembuh. “Terima kasih Team Dokter, suster-suster yang merawat saya dengan sangat baik dan sabar,” tulisnya.

Tepat pada 1 September 2020, Iis Sugianto sudah diperbolehkan dokter untuk pulang ke rumah setelah menjalani perawatan dan tidak bertemu anak-anaknya sama sekali.

Ia pun berucap terima kasih kepada anak, saudara, dan tim manajernya. “Manager saya yang slalu mengirimkan kelapa hijau dan air jahe merah ke rumah sakit setiap hari..,” tulisnya. IisĀ berpesan kepada masyarakat untuk selalu jaga jarak, wajib pakai masker, hindari kerumunan, dan selalu cuci tangan. “Yang harus jadi slogan kita semua, tiada hari tanpa pakai masker.”

Baca juga : Beberapa Artis Indonesia Yang Positive Terpapar Covid-19… Caution

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *