Tips Aman Menginap Di Hotel Di Era New Normal

JAKARTA, HARIAN TERKINI.COM-Telah dibukanya kawasan pariwisata secara bertahap di era new normal saat pandemi corona atau Covid-19 masih terjadi, sektor pariwisata di Indonesia mulai bergeliat. Para traveler kembali dapat merencanakan perjalanan ke berbagai tempat. Begitu pula Anda yang akan mengisi waktu luang untuk mengunjungi tempat wisata sekaligus jalan-jalan.

 

Namun tetap selektif dalam merencanakan perjalanan di saat pandemi Covid-19 belum usai. Pastikan diri Anda dalam keadaan sehat, cermat memilih destinasi wisata, dan rencanakan sarana transportasi yang digunakan secermat mungkin.

 

Aspek keselamatan harus diperhatikan dengan beradaptasi dengan kebiasaan baru saat menginap di hotel. Meskipun agak merepotkan, hal-hal ini layak dilakukan selama di hotel guna menjamin keamanan dan kesehatan saat berlibur.

 

  1. Terapkan social distancing

Tetap jaga jarak dengan orang lain saat berada di area hotel.

 

  1. Gunakan masker dan alat pelindung lainnya jika memungkinkan

Jangan lupa untuk melindungi diri-sendiri dan orang lain setiap saat terutama selama berada di area hotel. Selalu kenakan masker dan pelindung wajah jika diperlukan.

 

  1. Hindari keramaian atau berada di area publik

Jangan berada di area umum seperti restoran atau sekitar kolam renang terlalu lama.

 

  1. Periksa suhu tubuh secara berkala

Suhu tubuh Anda tak boleh lebih dari 37,3 derajat celcius. Periksa suhu tubuh setiap hari untuk memastikan kamu sehat selama menginap di hotel.

 

  1. Cuci tangan secara teratur

Gunakan sabun dan air, lalu gosok tangan selama 20 detik. Anda juga dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol jika sedang sulit menjangkau air.

 

  1. Bersihkan dan desinfektasi

Meskipun kamar akan selalu dibersihkan oleh pengelola, melakukan pembersihan tambahan untuk diri-sendiri juga dapat dilakukan untuk memastikan kotoran dan kuman sudah hilang.

 

Pastikan pula Anda memilih hotel yang menerapkan prosedur kebersihan ekstra di area yang memiliki titik sentuh tinggi, seperti lobi hotel, area check-in, restoran, permukaan meja, toilet, dan peralatan pembersih.

 

Untuk menemukan hotel semacam ini Anda bisa manfaatkan aplikasi pemesanan hotel yang memberi label khusus pada pilihan hotel yang dinilai telah terapkan protokol kesehatan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *