PILKADA DI TENGAH PANDEMI, MENCARI SOSOK PEMIMPIN YANG MEMPUNYAI SENSE OF CRISIS

pilkada
HARIANTERKINI – Pada bulan Desember mendatang, sebagian wilayah di Indonesia akan melangsungkan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 270 daerah. Kontestasi politik ini kerap menarik rakyat untuk terlibat aktif.

Pilkada kerap berlangsung seru. Pasalnya, pemimpin yang dipilih umumnya bersentuhan langsung dengan konteks kehidupan masyarakat. Juga, para pemimpin adalah sosok-sosok yang biasa dijumpai dalam kehidupan harian.

Di saat Kontestasi politik pilkada ini akan digelar, di Indonesia malah sedang parah-parahnya serangan virus corona yang menimbulkan krisis di tengah masyarakat. tidak hanya Indonesia, seluruh dunia juga sedang melewati krisis ini.

Pandemi corona sekiranya menjadi pelajaran berharga bagi rakyat. Pada situasi seperti ini, kebijakan-kebijakan dari seorang pemimpin sangat dibutuhkan. Rakyat perlu mencari dan memilih seorang pemimpin yang mempunyai sense of crisis. Pemimpin yang tahu dan peka dengan situasi krisis dan mampu membuat kebijakan yang dapat mengeluarkan daerahnya dari krisis ini.

Kualitas itu ditunjukkan lewat kepribadiaan yang mau bekerja untuk rakyat, terlebih khusus di tengah situasi sulit seperti sekarang. Bukannya, mencari pemimpin karena kepentingan semata dan latar belakang tertentu.

Tentunya, ini menjadi tantangan serius bagi banyak petahana. Kalau mereka tidak terlibat aktif dalam situasi krisis selama pandemi corona, masyarakat tidak akan memilihnya lagi. Tetapi kalau mereka memiliki sense of crisis selama pandemi corona, mereka berpeluang terpilih lagi.

Masyarakat harus juga peka pada setiap calon pemimpin. Pilih orang yang tepat demi lima tahun yang cerah. Salah satu kriterianya adalah memilih pemimpin yang benar-benar peka pada krisis yang terjadi di tengah masyarakat. Pemimpin yang memiliki sense of crisis. Pemimpin yang punya banyak akal untuk membawa daerahnya keluar dari krisis yang sedang dihadapi.

Baca Juga : Protokol Kesehatan Pelaksanaan Kurban Idul Adha dari Kementan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *