Peluang Emas Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Pilkada 2020

Peluang Emas Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Pilkada 2020
HARIANTERKINI.COM – Pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam tahapan adaptasi kebiasaan baru merupakan sebuah peluang emas.

Mengapa disebut sebagai peluang emas, karena Pilkada pada tahun ini dapat mensinergikan pengendalian Covid-19 (kesehatan) dan pemulihan ekonomi nasional mengingat luasnya area pilkada (270 daerah) dengan protokol kesehatan ketat sesuai standar WHO.

Pilkada 2020 yang akan berlangsung bulan Desember dan diikuti 106 juta pemilih akan menciptakan lapangan kerja baru diperkirakan melibatkan 3,5 juta orang untuk 6 bulan.

Peluang Emas Roda ekonomi Indonesia akan bergerak dengan adanya Pilkada ini. Bagaimana tidak, belanja modal/barang langsung senilai Rp20 triliun yakni dari APBD senilai Rp15 triliun.

Kementerian Dalam Negeri telah menyetujui penambahan anggaran untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 senilai Rp5,1 triliun untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi penyelenggara pemilu dan pemegang hak suara.

Dengan jumlah biaya yang besar itu, mari kita saling mengingatkan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan yang ketat sesuai standar WHO.

Dengan kedisiplinan masyarakat Indonesia, didukung petugas Pemilu dalam menjalani protokol kesehatan, kita harus optimis bahwa Pilkada tahun ini tidak akan menjadi klaster penyebaran baru Covid-19.

Kita harus optimis dan saling dukung dan mengedukasi sekeliling, mensukseskan pelaksanaan Pilkada di masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini sebagai ajang yang ditunggu.

Pilkada 2020 dapat menjadi momentum bagi masyarakat bersama penyelenggara negara untuk bangkit bersama dan menjadikan Pilkada ajang adu gagasan, adu berbuat dan bertindak untuk meredam laju penyebaran covid-19.

Baca Juga : KPU Izinkan Kampanye Terbuka Pilkada 2020, Asalkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *