Kemenag Imbau Lansia Dan Anak-anak Tidak Salat Idul Adha Berjamaah

Kemenag Imbau Lansia Dan Anak-anak Tak Salat Idul Adha Berjamaah
HARIANTERKINI.COM –  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebong, mengimbau agar lanjut usia (lansia) dan anak-anak untuk tidak melaksanakan salat Idul Adha berjamaah. Hal tersebut karena mereka rentan terinfeksi covid-19.

Kakan Kemenag Lebong Drs H Ajamalus, mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menyesuaikan dengan tatanan kebiasaan baru, dalam menjalankan ibadah Salat Idul Adha dan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Hal itu sebagaimana Surat Edaran (SE) Nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H /2020 M Menuju Masyarakat Produktif Dan Aman Covid-19.

Kemudia SE Kemenag Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan Dan Kehalalan Daging Kurban Dalam Situasi Covid-19.

“Terkait dengan untuk sosialisasi SE tersebut kepada masyarakat bahwa, dari kemenag sudah mengirim surat resmi kepada semua KUA agar menyampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Dia mengimbau, lansia dan anak-anak untuk tidak melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah. Hal tersebut karena mereka rentan terinfeksi covid-19.

“Anak-anak dan lansia direkomendasikan tidak ikut dulu untuk menjaga keamanan dan kesehatan,” bebernya.

Untuk yang salat berjamaah, ia berharap tetap pelaksanaannya harus sesuai dengan syariat Islam dan menerapkan protokol kesehatan.

Misalnya, memastikan saat salat Idul Adha, jemaah harus dalam kondisi sehat, membawa sajadah atau alas shalat masing-masing, terus menggunakan masker ketika berada di area luar rumah.

“Tidak ada masalah semua kan sudah di masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Tapi, harus jaga jarak minimal satu meter dan panitia harus sudah pastikan protokol kesehatan diterapkan,” pungkasnya.

Baca erita lainnya : Jokowi Puji Lima Provinsi yang Sukses Kendalikan Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *