Virus Corona Bisa Dideteksi Lewat Air Limbah Warga

JAKARTA, HARIANTERKINI.COM-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan inovasi, bahwa virus corona atau Covid-19 bisa dideteksi dari air limbah warga. Mengingat, air limbah dapat mengandung feses hingga air liur dari orang yang terjangkit Covid-19.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan TeknikĀ  LIPI, Agus Haryono mengatakan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa diketahui melalui air limbah, terutama air limbah dari fasilitas medis Covid-19.

“Virus corona bisa tetap hidup di berbagai benda dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Termasuk pada air limbah. Apalagi air limbah dari fasilitas medis rujukan Covid-19,” ujar Agus dalam keterangannya pada Rabu (24/6/2020).

Agus menambahkan meskipun dalam kondisi tersebut, virus Covid-19 tidak dapat mereplikasi diri. Namun, Agus menyarankan sebaiknya tetap dilakukan proses sterilisasi atau pengolahan air limbah pada fasilitas medis.

“Jumlah virus pada permukaan benda tersebut semakin lama semakin berkurang. Karena virus SARS-Cov-2 tidak bisa mereplikasi diri nya atau tidak bisa berkembang biak, jika tidak berada pada inang yang hidup, seperti sel manusia,” Pungkas Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *