Layanan Pendidikan Yang Akan Diterapkan di Kabupaten Jayapura di Masa Pandemi

JAKARTA, HARIANTERKINI.COM- Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw berharap layanan pendidikan berbasis daring tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan sesaat tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Terlebih saat ini masih terjadi pandemi corona atau Covid-19.

“Layanan pendidikan di Kabupaten Jayapura harus disesuaikan dan mengarah kepada pelayanan yang berbasis IT,” ungkap Mathius dalam keterangannya pada Rabu (3/6/2020).

“Situasi pandemi COVID-19 ini telah mengubah seluruh tatanan kehidupan. Termasuk layanan pendidikan, di mana kini tidak harus bertatap muka tetapi melalui internet, bisa menjawab kebutuhan selama pandemi,” tambah Mathius

Dirinya berharap proses belajar melalui jaringan internet ini menjadi kebutuhan yang harus dopenuhi, bukan karena adanya wabah tetapi ke depan harus menerapkan pendidikan berbasis daring.

Bupati Jayapura meminta para guru menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini agar layanan pendidikan kepada siswa di Kabupaten Jayapura tetap berjalan maksimal meskipun tidak harus bertatapan muka di dalam kelas.

Meski demikian, Bupati mengaku tidak semua daerah di Kabupaten Jayapura saat ini sudah terlayani dengan jaringan internet.

Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya memiliki opsi lain agar masyarakat di daerah pinggiran ataupun pedalaman tetap terlayani selama pandemi COVID-19 yakni dengan memaksimalkan radio.

“Kita maksimalkan radio, program tv kabel juga untuk daerah kota. Pemerintah ingin para siswa ini tidak terlalu terkena dampak,” ujar Mathius

Namun demikian untuk program layanan internet di daerah pinggiran sampai pedalaman memang belum semuanya terlayani.

Meski begitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura sudah memasang jaringan internet wizard di beberapa sekolah untuk memudahkan proses belajar-mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *