Kurva Covid-19 di Jakarta Turun, Jokowi Tak Mau Naik Lagi karena Arus Balik

Kurva Covid-19 di Jakarta Turun, Jokowi Tak Mau Naik Lagi karena Arus Balik
HARIANTERKINI.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pengendalian arus balik Lebaran ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
“Ini penting kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus yang berpotensi memunculkan gelombang yang kedua, utamanya di wilayah Jabodetabek,” kata Jokowi saat memimpin rapat kabinet terbatas lewat video conference, Rabu (27/5/2020).

Jokowi menyebut, kurva penularan virus corona di wilayah Ibu Kota sudah mulai menurun.

Oleh karena itu, Jokowi tak ingin penularan di Ibu Kota dan sekitarnya kembali masif karena arus balik yang tak dikendalikan.
Ia justru meminta angka penularan corona di Ibu Kota dan sekitarnya terus ditekan.
“Karena saya melihat data terakhir tadi pagi tren untuk R0 maupun Rt dari DKI Jakarta sudah di bahwa 1, sehingga ini perlu terus kita tekan agar lebih turun lagi,” ujar dia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menetapkan bahwa akses keluar masuk Ibu Kota kini wajib berbekal surat izin keluar masuk (SIKM).

Hal tersebut telah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020.

Syarat SIKM mutlak dipenuhi guna menekan kemungkinan masuknya kasus baru Covid-19 bersamaan dengan arus balik Lebaran, saat Ibu Kota diklaim mulai mengalami perlambatan penularan virus Corona.

Baca Berita Lainnya : Cara Jitu Lawan Covid-19 di Era New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *