Hoax Sepekan, Yuk Cek Apa Saja Kabar Palsu Pekan Ini!

Hoax Sepekan, Yuk Cek Apa Saja Kabar Palsu Pekan Ini!

HARIANTERKINI.COM – Kabar palsu alias hoax masih merajalela. Bahkan bisa menembus ruang-ruang. Sekalipun itu ruang beton yang super rahasia dan terbatas. Kerap tanpa disadari sampai dengan sendirinya di hadapan kita.

Kabar itu bisa saja hadir dengan wujud baru. Atau modifikasi cerita lama yang pernah dibantah, juga pemaksaan hubungan yang sebenarnya satu sama lain, jalan sendiri-sendiri.

Sekuat apapun kita, nyaris tidak bisa menolak kehadirannya yang misterius dan dadakan itu. Tapi kita bisa mengendalikannya. Kita benar-benar bisa.

Antara lain melalui kanal Cek Fakta Medcom.id, Anda bisa mengetahuinya mana yang hoaks dan yang tidak hoaks. Berikut rangkuman lima kabar hoaks dari sejumlah kabar hoaks lainnya dalam sepekan terakhir periode (4 Mei 2020-9 Mei 2020):

1.[Cek Fakta] Aamir Khan Donasikan Paket 1 Kilogram Tepung Berisi Uang Rp3 Juta Hoaks

Klaim bahwa bintang film asal India, Aamir Khan mendonasikan sejumlah paket yang masing-masing berisi 1 kilogram tepung dan uang tunai setara Rp3 juta, adalah salah. Faktanya tidak ada informasi valid bahwa Aamir mengumumkan bantuan tersebut.

2.[Cek Fakta] Viral Video Penampakan Bintang Tsuraya Pertanda Pandemi Covid-19 Akan Berakhir? Ini Faktanya

Klaim pada video bahwa kemunculan bintang Tsuraya atau Turaya di pagi hari merupakan pertanda wabah covid-19 akan berakhir adalah salah. Munculnya bintang Tsuraya merupakan fenomena alam yang selalu ada di langit sejak dahulu kala.

3.[Cek Fakta] Video Ibu dan Dua Anaknya Tewas Gantung Diri karena Lockdown di Sumedang Hoaks, Ini Faktanya

Klaim pada video bahwa seorang ibu dan dua anaknya tewas gantung diri di Ujung Jaya Sumedang, Jawa Barat, karena kelaparan selama tujuh hari akibat lockdown adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam vidoe tersebut terjadi di Afrika Selatan.

4.[Cek Fakta] Jokowi akan Pecat Mereka yang Persulit WN Tiongkok Masuk Indonesia? Ini Faktanya

Klaim bahwa Presiden Jokowi akan memecat para pihak yang mempersulit kedatangan WNA asal Tiongkok adalah salah. Faktanya gambar Jokowi sedang menelepon itu tidak terkait dengan pembahasan WNA Tiongkok.

5.[Cek Fakta] Video Viral Ferdian Paleka Pura-Pura Minta Maaf, Itu Hoaks

Klaim bahwa Youtuber Ferdian Paleka pura-pura minta maaf dikaitkan dengan tindakan nge-prank sembako berisi sampah, adalah salah. Faktanya video pura-pura minta maaf itu tidak ada kaitannya dengan prankbantuan sembako sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *